Dilema terjawab…

Baru saja nonton laga sepakbola Timnas vs Palestina di TV yang akhirnya dimenangkan Timnas kita 4-1. Namun sembari nonton ada terlintas pikiran usil kalau lihat dan dengar nama Palestina. Ya…Palestina Negara Islam yang tertindas oleh Israel. Mereka menderita, terusir dari tanah mereka sendiri. Sehingga terbesit rasa kasihan pada mereka, apalagi dihajar Timnas 4 – 1, uh…tambah kasian sekali tu Palestina. Padahal Indonesia adalah Negara yang selalu didih membela perjuangan Palestina untuk bebas dari Israel. “membela tapi kok membantai 4-1”. hehehe…

Ya sebagai umat beragama khususnya Islam, saya pribadi sungguh sedih dan marah ketika saudara seagama di tanah Palestina ditindas oleh zionis Israel, namun sebagai warga Negara yang punya nasionalisme, saya tetep dukung Timnas Indonesia untuk mengalahkan semua lawan tanpa pandang bulu. Nah, tadinya agak dilemma disatu sisi ada solidaritas keagamaan dengan Palestina, namun disisi lain ada solidaritas/soliditas kebangsaan untuk Merah Putih tercinta.

Akhirnya saya berfikir lagi bahwa ini adalah olahraga. “This is Sport” ya only sport, dan olahraga tak beragama, tak berbangsa, olahraga itu universal. So…tidak ada keraguan lagi untuk saya mendukung 100% bahkan 1000% Timnas. Namun yang bisa diupayakan dari pertandingan tersebut adalah pesan dari sepakbola itu sendiri yaitu pesan kemanusiaan, pesan perdamaian, pesan kemerdekaan untuk Palestina.

Football for humanity, peace, and freedom. Save Palestina!!!

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s