Untung ga jadi beli…

Berawal dari rutinitas twitteran (maklum kurang kerjaan: @malikridwan follow ya *promosi*), pas baca timeline twitter, ternyata ada akun twitter orang solo yang ngetwit kalau  baru-baru ini seorang yang bernama Ardha berurusan dengan FPI dan polisi karena memakai kaos bertuliskan “Tuhan, apa agamamu?”. Entah apa masalahnya, entah apa salahnya saya tidak tahu persis, namun kalau dari penuturanya yang mempermasalahkan itu FPI pasti ngga jauh-jauh dari masalah keberagamaan. Ya…gara-gara si Ardha pakai kaos bertulis Tuhan, agamamu apa?.

Nah, kemudian saya ingat beberapa minggu yang lalu saya sempat pesan kaos tersebut secara online, namun sampai sekarang saya belum transfer uang. Jadi ngga jadi deh beli kaos itu. Coba bayangin aja kalau kaos itu jadi saya pesan dan saya pakai, mungkin  saya korban berikutnya dari FPI. Wah…ngeri juga ya.

Ah…yang membuat resah, kenapa hal ini harus terjadi? Salahkah bertanya Tuhan itu agamanya apa? Harusnya FPI sebagai ormas yang (sok) tahu agama memberikan jawaban yang pas dan mencerahkan, bukan malah memusuhi dengan tindakan yang tidak simpatik.

Ini sebenarnya sebuah otokritik terhadap umat beragama yang kadang berkonflik demi membela Tuhannya masing-masing. Kata Gusdur, Tuhan tidak perlu di bela, karena Tuhan maha besar, maha kuat, dan maha kuasa. Jadi tanpa perlu dibela pun, Tuhan tak akan menjadi lemah. Sekalipun banyak yang ingkar pada Nya, itu tak akan membuat kebesaran Tuhan terganggu.

Kemudian pertanyaanya , siapa yang salah???

Lemahnya iman itulah intinya, jikalau iman kuat maka cara apapun yang bermaksud melemahkan iman tidak akan mempan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika iman kita kuat.

Yah…akhirnya saya harus meniru pak Beye: “saya prihatin”. Tapi lagi-lagi saya beruntung belum sempat pakai tu kaos, jadi ngga kena sweeping FPI. Hahaha…

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

