Beck, ini Indonesia…

Saat ini pemain sepakbola paling popular di dunia yaitu  David Beckham berkunjung ke Indonesia bersama klubnya L.A Galaxy. Bisa kita bayangkan media serta masyarakat sangat antusias dan gembira menyambutnya. Media bahkan hamper tiap jam memberitakan kedatangan Beckham dan timnya ke Indonesia, mulai dari berita sampai infotainment pun juga menanyangkanya. Ya…seperti sebelum-sebelumnya Indonesia selalu heboh ketika kedatangan bintang dari luar negeri. Inilah Indonesia, negeri kita tercinta, negeri yang dahulu di serukan Soekarno untuk mempunyai jati diri.

seperti biasanya, ketika ada artis, atlek dunia, bahkan pemimpin dunia, mereka selalu bilang Indonesia adalah negeri yang indah, negeri yang kaya. Dan itu membuat kita kadang begitu bangga di puji mega bintang dari luar negeri. Ya…sebagai pecinta sepakbola, saya pun senang ketika Beckham datang atau siapapun bintangnya pasti akan ikut gembira bila kita dikunjungi. Kembali lagi, seperti yang saya tulis diatas bahwa banyak sanjungan yang terkadang dikeluarkan oleh orang asing (atlet, artis, pemimpin, atau turis Negara lain) kepada Negara kita Indonesia. Entah itu ucapan yang sesunguhnya keluar dari hati mereka, atau ucapan pemanis penuh basa – basi biar orang Indonesia senang. Entahlah…

Jikalau bisa terjadi, ingin aku ceritakan negeriku tercinta ini kepadamu Beck, biar tahu Indonesia bukan dari media, atau dari pemimpin negeri ini saja. Ini hanya khayalku saja, namun jikalau bisa ingin kusampaikan kepada si Beckham cerita tentang Indonesia. Akan kuceritakan bahwa Indonesia memang benar negeri yang indah, ada hutan yang hijau subur yang menyegarkan, namun akan kutunjukan juga hutan itu sekarang sedang sekarat terbakar. Indonesia penuh dengan binatang unik dan langka, itu sangat mengagumkan namun akan kuantarkan Beckham ke Kalimantan betapa ratusan orang utan dibunuh secara keji dan tidak berperikehewanan. Masihkan kau berfikir Indonesia ini indah dan menawan Beck???

Seperti yang lain, kau pun pasti akan mengatakan bahwa Indonesia ini kaya raya. Aku akan jawab, ya Indonesia kaya raya dan makmur karna kau hanya melihat Indonesia di sekitar Istana dan senayan saja. tapi jika kau kuantarkan ke bantar gebang atau ke pelosok papua, kau akan mengatakan negeri ini miskin. Kau bilang Indonesia masyarakatnya ramah??? itu karena kau dari luar negeri Beck. Rakyat negeri ini biasa ramah – tamah bila ketemu orang luar, apalagi popular. Tapi coba kau liat dijalanan, sopir angkot/bus saling mengumpat, ramah – tamah kini tak lagi utuh untuk penghuni negeri ini Beck. Kau mau katakana apalagi Beck? Negeri ini penuh toleransi, rukun? Ya…karena kebanyakan datang ke Indonesia hanya mampir di Bali, coba kalau kau mampir ke Cikeusik, mampir ke GKI Yasmin, maka mungkin kau berubah pikiran.

Ya…inilah Indonesia Beck. Negeri kaya raya, indah, dan ramah. Semua itu selalu kita banggakan bila ada orang dari negeri lain datang. Walau kami sendiri ( rakyat negeri ini ) sudah jarang menikmatinya. Kami terbiasa santun dengan orang asing, namun kepada sesama pribumi kami tak jarang berselisih. Ya…apapun itu, inilah negeri kami. Inilah Indonesia, walau apapun yang terjadi kami selalu bangga. Ceritakan lah yang baik tentang Indonesia ketika kau pulang Beck.

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s