Lebaran dalam lingkar Konsumerisme

Lebaran akan tiba, artinya akan ada peristiwa yang meriah yang dirayakan sebagaian besar masyarakat Indonesia. Lebaran atau hari raya idul fitri selalu menampilkan kesemarakan setelah usai menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Fenomena mudik, belanja, dan kemewahan menjadi tontonan yang akan terlihat di lebaran. Ini adalah kewajaran ataukah memang perilaku laten dari sebuah ritual kegamaan.

Secara harfiah idul fitri sejatinya adalah kembali ke fitroh (suci) artinya kembali kepada kesucian dari noda – noda duniawi. Namun yang terjadi balutan baju dan berbagai ornamnenya lah yang nampak. Mall seperti lautan manusia yang hanya ingin belanja untuk merayakan lebaran. Sebegitukah makna lebaran??? Haruskah seperti itu? Atau sebenarnya ada yang lebih penting dari itu???

Entahlah apa yang dipikirkan orang kebanyakan. Kita sudah digembleng dengan puasa artinya melatih untuk hidup sederhana untuk peka terhadap sesama yang tidak bisa makan. Ramadhan sejatinya adalah kepekaan sosial untuk bisa merasakan apa yang dialami oleh manusia lain yang hidup digaris kemiskinan. Namun menjelang lebaran justru yang terjadi adalah konsumerisme yang membabi buta. Lebaran terkungkung dalam jerat konsumerisme.

Lebaran tak lagi sebagai hanya sekedar ritus agama, namun sebagai bukti eksistensi seseorang selama setahun. Mereka membeli pakaian bagus, barang elektronik yang canggih sebagai lambang untuk tunjukan eksistensinya. Makna keagamaan semakin abu-abu dengan budaya “pamer” yang sudah terjadi.

Yang menarik juga ternyata ustad-ustad muda yang sok “gaul” bukan memberikan dakwah kesederhanaan namun justru memberikan contoh tentang kemewahan, konsumerisme, dll. Ini jelas telah mengaburkan makna agama yang penuh kesederhanaan. Agama dan ritualnya menjadi mahal karena sikap konsumerismenya. Agama menjadi komoditi untuk memancing konsumerisme umat. Kapitalislah yang tertawa dapat keuntungan. Sekian…

 

 

 

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s