Sekelumit film di balik 98

dibalik98Beberapa waktu yang lalu termuat di infotainment bahwa akan ada film tentang kejadian atau peristiwa 98 yang cukup bersejarah bagi bangsa Indonesia. Ekspektasi besar kemudian muncul dari diri saya bahwa film ini akan menampilkan seluruh peristiwa yang terjadi pada saat itu. Antusiasme untuk menontonpun sangat besar bagi saya. Nah beberapa hari yang lalu, kebetulan ada waktu luang. Nah kebetulan sekali, kuajaklah istri untuk menonton film tersebut, kebetulan sudah lama ngga nonton film.
Film dibalik 98 awalnya kupikir kaya sebuah film dokumenter, namun ternyata memang digarap bukan sebagai film dokumenter. Ya… cukup menarik ditonton karena memang lebih luwes dibanding film dokumenter yang biasanya terlihat kaku. Film di balik 98 ini ternyata film drama yang memang berlatar peristiwa 98. Sebuah film drama Indonesia yang disutradarai oleh Lukman Sardidan dibintangi oleh Chelsea Islan dan Boy William. Film ini bercerita tentang runtuhnya rezim pemerintahan Soeharto akibat perjuangan dan perlawanan mahasiswa dan rakyat.
Setelah menonton, sedikit kurang puas karena memang tidak memenuhi ekspektasi yang awalnya begitu besar. Awalnya mengira kalau film ini akan begitu serius menggambarkan kejadian 98, menggambarkan begitu korupnya pemerintahan saat itu sehingga memang layah untuk diruntuhkan. Namun ternyata kurang begitu menonjol. Film ini kurang berani menggambarkan secara gamblang peristiwa 98. Cuma memang kalau untuk sedikit hiburan cukup menarik, menampilkan sosok para Jendra saat itu seperti SBY, Prabowo, Wiranto, dll yang dimankan oleh aktor-aktor yang memang kelihatan lucu.
Walaupun kurang puas dengan film garapan Lukman Sardi ini, namun tetap saya apresiasi. Film ini bisa jadi langkah awal untuk mengenalkan kepada generasi muda terutama yang pada saat tahun 1998 belum lahir atau masih kecil. Film ini mau memberi tahu siapa sebenarnya tokoh reformasi dan siapa tokoh yang sejatinya menolak reformasi. Hal ini penting karena generasi muda saat ini sering sekali tertipu karena ketidaktauannya. Banyak tokoh yang dahulu sangat anti bahkan melawan gerakan reformasi, namun saat ini seolah muncul sebagai pahlawan dan berbicara tentang reformasi. Ini perlu dipahami oleh generasi muda.
Dengan segala keterbatasanya, film 98 saya pikir cukup saya sarankan untuk ditonton terutama para pelajar dan mahasiswa terutama yang baru, bagaimana peran pelajar dan mahasiwa sangatlah penting bagi bangsa. Sejarah telah mencatat, pelajar dan mahasiswa adalah aktor perubahan yang paling terdepan dalam melawan rezim yang korup dan diktator. Sehingga, pelajar dan mahasiswa punya gambaran apa yang seharusnya dilakukan yaitu belajar pengetahuan dan nalar kritis. Sehingga tidak terjebak dengan tayangan film – film yang membawa generasi muda ke arah hedonisme dan apatisme.

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s