Jokowi bukan presiden ke 7

Sejarah Indonesia memang membuat tanda tanya. Sejarah Indonesia selama ini menjadi persoalan yang rumit, karena sejarah yang multitafsir, kemudian di era orde baru di tafsirkan tunggal. Bahkan sejarah Indonesia terkesah banyak kekeliruan, entah sengaja atau tidak. Banyak kejanggalan dan kekeliruan yang terdapat dalam buku sejarah di Indonesia. Salah satu contohnya adalah jumlah presiden yang pernah memimpin Indonesia. Dalam pengetahuan awam yang diketahui banyak orang, presiden kita ada 7. Dan Jokowi menjadi presiden ke & Indonesia. Nah hal ini sangatlah keliru.

Jokowi bukan presiden ke 7, melainkan ke 9, kenapa begitu? Ya anggapan umum mengatakan presiden RI berturut – turut adalah: Soekarno, Soeharto, BJ. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, dan terakhir Joko Widodo. Namun pendapat umum ini agak keliru, mereka melupakan dua sosok penting yang pernah memimpin pemerintahan RI yaitu yafrudin Prawiranegara, dan Assaat.

Kedua sosok ini tidak sebut kare lupa atau mungkin saja disengaja. Syafrudin Prawiranegara tidak disebut karena dia dianggap terlibat dalam Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia ( PRRI ). Nah Assaat juga tidak disebut karena bahwa ia menjabat Kepala negara saat RI menjadi bagian dari RIS. Nah jadi kalau mau direvisi sesungguhnya presiden RI berturut – turut adalah Soekarno, Syafrudin Prawiranegara, Assaat, Soeharto, Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo. Jadi presiden Indonesia ada 9 presiden.

Sejarah memang tergantung siapa yang menafsirkan, sejarah juga tidak seharusnya hitam – putih. Sejarah tidak mengatakan benar dan salah. Namun ilmu sejarah mencoba mendekatkan tafsir dari realita masa lalu. Semoga upaya perbaikan dan pelurusan sejarah menjadi prioritas bangsa, karena sejarah menjadi landasan pembangungan karakter bangsa.

Sumber :

Membongkar Manipulasi Sejarah

  • Asvi Warman Adam –

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s