NU dan Muhammadiyah: dua ormas islam terbesar bermuktamar

imagesBulan agustus 2015 kali ini adalah bulan yang sangat spesial terutama untuk bangsa Indonesia. Dimana dibulan ini tepatnya tanggal 17 Agustus, negeri ini merayakan hari jadinya yang ke 70 tahun. Selain itu bulan agustus juga sangat spesial, karena di bulan ini dua ormas islam yang mempunyai pengikut tersebar di Indonesia melaksanakan muktamar yaitu ormas Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

NU yang memulai muktamar lebih awal yaitu di awal bulan agustus mengambil tema Islam Nusantara. Sementara menyusul kemudian Muhammadiyah melaksanakan muktamar dengan tema Islam berkemajuan. Tema dari kedua ormas ini jelas mengandung arti penting bagi perkembangan keagamaan keislaman di Inonesia maupun bagi nilai kebangsaan.

NU yang dikenal sebagai kalangan islam tradisional yang dikenal sangat terbuka dan akomodatif dengan tradisi dan budaya memperkenalkan tema Islam Nusantara yaitu bentuk islam yang inklusif, terbuka, dan toleran. Sempat mendapat cibiran dari kalangan diluar NU bahkan sebagian pengikut NU yang kurang paham, islam nusantara tetap menjadi tema yang di usung. Sebagian pengkritik menilai islam nusantara dianggap seperti islam liberal dan semacamnya, namun setelah membaca, melihat dan mendengar konsep islam nusantara yang dipaparkan sejatinya islam nusantara bukanlah konsep keagamaan baru dari islam yang ingin berpisaqh dari akarnya yaitu islam arab. Namun islam nusantara sejatinya adalah hal yang sebetulnya kita praktekan sehari – hari yang telah dijarkan pendahulu – pendahulu kita. Islam nusantara adalah konsep kehidupan beragama islam yang terbuka, menerima perbedaan, tidak mudah mengkafirkan, dan bisa hidup berdampingan dengan tradisi serta budaya yang ada di masyarakat. Seperti pesan KH. Hasyim Asy’syaari bahwa tradisi atau budaya tidak harus ditinggalkan namun diambil yang baik dan meninggalkan yang buruk.

Sementara Muhammadiyah yang dikenal sebagai gerakan pembaharuan islam mengusung tema Islam Berkemajuan. Muhammadiyah kita kenal dengan gerakan pembaharuan yang berdakwah dalam bidang pendidikan, kesehatan dan amal usaha lain. Muhammadiyah adalah tonggak pertama lahirnya kelompok islam yang terpelajar dan akomodatif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Islam berkemajuan semakin mempertegas konsep ormas islam Muhammadiyah bahwa gerakan memajukan umat islam menjadi jihad yang sesungguhnya di saat banyak umat islam terpuruk. Muhammadiyah ingin mewujudkan islam yang maju dengan manjemen dan SDM yang maju pula. Sehingga ciri khas muhammadiyah yang dikenal sebagai islam modernis menjadi sangat terlihat dalam upaya memajukan islam terutama di Indonesia.

NU dengan Islam nusantara nya serta Muhammadiyah dengan islam berkemajuan nya adalah harapan masa depan islam di Indonesia. Dengan tema tersebut semoga dapat menjawab persoalan Indonesia dewasa ini terutama berkaitan dengan kemaslahatan umat Islam secara khusus dan rakyat Indonesia secara umum.  Kedua ormas ini baik NU maupun Muhammadiyah dengan kultur dan karakternya masing – masing adalah dua ormas yang ikut berjuang mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Sehingga kedua ormas islam terbesar ini mengerti persis betapa arti kemerdekaan Indonesia dan NKRI dan pentingnya mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia.  Semoga muktamar dua ormas ini yaitu NU dan Muhammadiyah menjadi kado untuk kemerdekaan Indonesia demi mewujudkan kondisi umat islam indonesia yang terbuka, toleran, serta berkemajuan. Sehingga Islam tetaplah rahmatan lil’alamin.

Selamat bermuktamar NU dan Muhammadiyah !

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s