Ulangan Antropologi Materi Perubahan Sosial Budaya Kelas XI IBB

Kerjakan soal dibawah ini dengan benar secara mandiri. Apabila ada indikasi menjiplak atau menyalin punya teman maka nilai akan dikurangi. Apabila hasil ulangan siswa dikurangi dan tidak ada pembelaan bahwa hasil tersebut dikerjakan sendiri maka nilai tidak diperbaiki.

Kerjakan di kertas, durasi 60 menit. Setelah selesai di kumpulkan di meja saya.

Di perbolehkan membuka buku ( Open Book )

berikut pertanyaan nya !!

  1. Perhatikan gambar di bawah ini                                                                                                                            Gambar 1                                                              Gambar 2

img_2033index

 

 

 

 

 

Pada gambar 1 terlihat ibu-ibu yang mengenakan kerudung dan kain secara sederhana sedang berkumpul untuk bergotong royong dalam suatu acara hajatan pada anggota masyarakat. Walaupun ditempah oleh derasnya arus globalisasi tetapi ibu-ibu itu tetap mempertahankan kebiasaan mereka.

Pada gambar 2 terlihat masyarakat suku Baduy berjalan menuju kantor Gubernur Banten. Mereka berjalan tanpa alas kaki dan mengenakan pakaian hitam dan putih. Pakaian Hitam dan putih itulah yang mereka pakai dalam kesehariannya. Mereka tidak boleh mengenakan pakaian warna warni dan mereka juga tidak mau naik kendaraan umum.

Berdasarkan gambar / ilustrasi di atas, beri alasan mengapa masyarakat konservatif seperti gambar di atas sulit menerima pengaruh dari luar?

 

2. Karawang, Dulu Lumbung Padi Sekarang Kawasan Industri

Dulu                                                            Sekarang

karawangkarawang2

 

 

 

 

Daerah Karawang, Jawa Barat sekarang sudah mulai berkembang menjadi kawasan industri. Wilayah yang terkenal sebagai lumbung padi ini, sekarang mulai berubah wajah..Semua pergerakan industri sekarang di Karawang.Pabrik ini dan itu dibangunnya di Karawang.Coba Karawang itu tidak jadi kawasan industri, barangkali produksi padi kita bagus,” ungkap Bambang selaku Menteri Keuangan RI di Nusa Dua, Bali, Jumat (13/12/2013)
Menurut Bambang, kondisi tersebut cukup dilematis.Di tengah keinginan pemerintah mengembangkan industri, Karawang yang terkenal sebagai lumbung padi.

Rencana dua megaproyek pemerintah pusat di Kabupaten Karawang berupa pelabuhan dan bandara yang hingga kini belum terealisir, menurut Menteri Koordinator Perekonomian RI Hatta Rajasa, tetap akan digarap. Hanya soal waktu, pemerintah masih butuh hasil kajian lebih komprehensif, terutama yang berkaitan dengan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Karawang sebagai daerah pertanian kini sudah merambah industrialisasi dengan nilai investasi berskala internasional. Kemajuan Karawang turut mempengaruhi keadaan negara. “Mengenai rencana pembangunan pelabuhan Cilamaya yang besarnya melebihi keberadaan pelabuhan Tanjungpriok..

Masyarakat Karawang telah mengalami perubahan sosial.Faktor apayang mendorong terjadinya perubahan ?

 

3.  Dalam era globalisasi, proses pembangunan adalah hal yang sangat penting untuk menunjang kemajuan sebuah bangsa. Disamping itu pembangunan memberikan pengaruh terhadap perubahan kebudayaan. bagaimana  menjelaskan hubungan antara pembangunan dengan perubahan sosial??

 

4. Indonesia merupakan negara majemuk yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Namun sampai saat ini Indonesia belum beranjak dari sebuah negara berkembang ke negara maju. Menurut kalian, perubahan apa yang bisa diwujudkan untuk memperbaiki Indonesia saat ini dan jelaskan pula potensi – potensi yang mendukung perubahan tersebut?

5. Bagaimana hubungan antara konflik dengan perubahan sosial menurut Karl marx? berikan contoh konkret suatu peristiwa atau keaadaan yang terjadi di masyarakat yang memperlihatkan hubungan tersebut !

 

 

“idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki anak muda”

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s