Pancasila sudah sering di hina

Beberapa hari ini netizen ramai membicarakan Saskia Gotik, penyanyi dangdut yang konon punya goyang itik. Tapi entah kenapa aku tak pernah melihat ada kesamaan dia dengan itik. Atau mungkin karena hanya joget menggoyangkan “bokong” saja terus disamakan dengan itik. Ya…tapi demikian industri menjualnya, dengan menggerakan “bokong” menjadi tren mark dirinya. Namun, yang sedang rame dibicarakan oleh netizaen (pengguna internet) adalah perilaku Saskia Gotik yang dianggap menghina lambang negara. Konon, penyanyi dangdut itu mengatakan dengan nada candaan bahwa sila kelima pancasila itu lambangnya adalah bebek nungging. Lantas netizen rame menghujat karena tindakanya adalah bentuk penghinaan terhadap Pancasila. Wuih…berat bener.

Para netizen yang amat sangat pancasilais jelas langsung menghujat, ini adalah makanan empuk untuk dihujat dan dinyinyir. Hujatan yang punya pembenaran konstitusional mungkin ya, karena hujatan ditujukan kepada pelaku diduga penghinaan terhadap lambang negara. Bahkan lebih jauh, ada anggota DPD kita yang melaporkan penyanyi dangdut ke kepolisian. Wuih…panjang urusanya ini.

Namun, marilah kita cermati sembari kalian tuntaskan hujatan kalian. Persoalan pancasila, pernahkah kita pikirkan bahwa lambang negara yang tak Cuma simbol tapi juga ideologi bangsa ini sudah lama dihina oleh banga ini. Penghinaan sejatnya tidak Cuma mengejek lambang atau mempermainkan lambang, namunj penghinaan besar justru ketika bangsa ini tak menjalankan ideologinya., tak menjalankan sila – sila pancasila. Bangsa ini belum serius menjalankan pancasila secara kafah. Kita lihat saja, beberapa sila bahkan seringkali tak dijalankan dengan benar. Sila pertama, sila kedua, dan sila kelima paling sering dilanggar. Artinya apa? Penghinaan berupa pengabaian pada cita – cita bangsa yang tercantung dalam sila pancasila memang terjadi,

Mari kita lihat saja, bahwa ada sekelompok orang dengan organisasi tertentu dengan terang – terangan mengatakan bahwa pancasila itu adalah sistem “toghut”, entah apa maksudnya. Mereka bahkan dengan lantang ingin mengganti ideologi pancasila dengan ideologi agama tertentu. Ini jelas penghinaan besar pada pancasila. Belum lagi praktek intoleransi dan diskriminasi terhadap kelompok agama minoritas.
Sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab. Ini malah sejak tahun 1965 sudah dihina. Bayangkan bangsa yang besar, beradab, yang katanya menjunjung tinggi nilai kemanusiaan bisa sampai membantai ratusan ribu bahkan satu juta manusia tak peradilan. Kemanusiaan macam apa coba? Ini penghinaan besar pada pancasila. Aktivis munir, widji thukul dan beberapa aktivis ’98 sampai sekarang mati tak ada yang bertanggung jawab. Terus kemana sila kedua itu???

Yang paling terakhir adalah sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sudahkah dijalankan??? Saking parahnya bahkan aa yang bilang sila ini sudah berubah menjadi keadilan bagi orang kaya saja. Wah…wah… sila ini masih jauh dari kafah untuk dijalankan. Penggusuran, perampasan tanah, kaum miskin kota, kawasan kumuh, mereka masih ada dan hidup berdekatan dengan gedung mewah, hotel berbintang, dan mobil berderetan. Kemacetan di Kota pun ada bersamaan dengan laparnya masyarakat pinggiran. Ini jelas penghinaan pada sila kelima pancasila.

Nah jadi, sudah lama pancasila ini dihina, dimanipulasi oleh kepntingan – kepentingan kuasa. Sazkia gotik ini bisa untuk bahan instropeksi bahwa apakah pancasila memang sudah dilaksanakan atau hanya sebuah jargon dan lambang yang hanya untuk pajangan. Jangan sampai kemarahanmu membuatmu berlaku tidak adil. Yuk belajar lagi sambil menjalani hidup yang penuh toleransi, sehingga kemarahanmu tidak cuma saat ada orang mengatakan bebek nungging pada lambang pancasila, tapi marah juga ketika ada diskriminasi dan intoleransi terhadap perbedaan agama, ras, suku, dan budaya. Pancasila itu pengayom dalam perbedaan, merangkul berbagai paham untuk hidup dalam keharmonisan. Yuk…

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s