Aliran Penggemar Bola

suporter

sumber: google.com

Sepakbola boleh jadi adalah olahraga paling populer di dunia. Sehingga tidak heran bahwa penggemar dan penikman olahraga ini sangat banyak jumlahnya. Bahkan bisa jadi kalau ada agama baru yang bisa menjadi agama paling besar di dunia dalah penganut agama sepak bola. Hehe… ini karena saking banyaknya orang yang menggemari sepakbola. Seperti halnya agama, penganut atau pengemar sepakbola pun mempunyai karakter yang berbeda – beda. Nah kali ini berdasarkan pengamatan saya ada beberapa golongan penganut sepakbola, berikut:

  • Aliran fundamentalis
    Aliran ini mewakili perilaku penggemar klub sepakbola yang sangat kolot. Kelompok ini meyakini betul bahwa klub idolanya adalah klub terbaik, dan klub lain adalah klub yang buruk. Sehingga bagi mereka ada istilah kemenangan harga mati. Wuih… persis kaya nasionalis labil yang secara serampangan selalu bilang NKRI harga mati. Hahaha… bagi mereka kekalahan adalah hal yang menjengkelkan. Biasanya kelompok ini ketika menang, mereka akan menghina habis – habisan lawan yang dikalahkan. Namun ketika kalah, mereka seringkali menuduh bahwa ada kesalahan pihak lain atas kekalahan klub kesayanganya itu. Biasanya menyalahkan wasit dan menganggap ada konspirasi terselubung untuk mengalahkan klub kesayanganya. Yang lebih ekstrim lagi, mereka bisa melakukan kerusuhan karena tidak terima klub kesayanganya kalah.
  •  Aliran Moderat
    Penggemar sepakbola aliran ini cenderung tidak sekeras aliran fundamentalis. Penggemar bola aliran ini dikategorikan untuk penggemar bola yang sangat menyukai klub idolanya, namun menaruh hormat pada klub lain. Sehingga respon penggemar bola aliran ini ketika klub idolanya kalah lebih sportif, artinya mengakui bahwa permainan lawan lebih bagus atau yang lebih jauh hanya menganggap klub idolanya kalah karena faktor keberuntungan yang belum berpihak. Kelompok ini sangat yakin bahwa klub kesayanganya hebat, namun tanpa merendahkan klub lain yang menjadi lawan atau rivalnya. Cenderung menghormati kehebatan klub lainya juga.
  • Aliran Liberal
    Nah…untuk penggemar sepakbola yang masuk kategori liberal ini adalah bagi penggemar sepokbola yang lebih pragmatis. Artinya dia bisa berpindah pilihan klub idolanya sesuai dengan penampilannya. Jadi dimana ada klub yang permainannya bagus, dan peluang untuk menang atau juara banyak itu yang akan menjadi pilihan. Jadi ia bisa berganti – ganti mendukung klub sepakbola. Kelompok ini lebih mencari keuntungan dengan menikmati sepakbola. Yang penting untuk kepentingan taruhan bisa menang lah. Hahaha….
  •  Aliran Progresif
    Yang terakhir ini adalah aliran prograsif, ini untuk penggemar sepakbola yang mula menganggap bahwa sepakbola saat ini adalah komoditas kapitalisme semata. Sehingga bagi mereka sepakbola saat ini tidak lagi hanya murni sportivitas, tapi lebih pada industri kapitalisme. Kelompok ini menikmati sepakbola dalam pemahaman mereka sebagai murni olahraga. Namun sebagai industri kapitalisme, mereka menentangnya. Kelompok ini menganggap kefanatikan terhadap klub tertentu merupakan desain dari industri sepakbola untuk mengeruk keuntungan yang sebesar – besarnya dari penggemarnya lewat jualan kaos, pernak pernok, dan juga dipaksa untuk berlangganan TV yang berbayar. Aliran ini cenderung tidak fanatik kepada salah satu klub sepakbola, dan menikmati sepakbola terkadang hanya untuk mengisi waktu senggang saja. Bagi mereka menggerakan organisasi – orgasisasi sosial kerakyatan atau membaca buku marxis jauh lebih penting dari sekedar nonton bola. “padahal itu alasan jomblo biar ngga nganggur saat malam minggu. hihi”

Itulah penggemar sepakbola yang banyak perilakunya dan berbeda – beda. Akhirnya nikamtilah hidupmu, jangan terlalu serius ya. Tontonlah sepakbola untuk kegembiraan, kalau itu membuatmu jadi pemarah. Matikan TV dan tidurlah….

 

 

http---signatures.mylivesignature.com-54494-130-37ED9A124138F65ADAC9730B3425FE06

About sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s