ASESSMENT MATERI HUBUNGAN SOSIAL

  1. Pada perkembangan musik di masyarakat mengalami perubahan. Pada era akhir 2010, musik di dominasi oleh musik pop Melayu dengan munculnya ST 12, Kangen Band dll. Kemudian semua orang mengikuti selera musik tersebut. Kemudian tahun berikutnya beralih era boy band, yang di pengaruhi oleh K Pop. Dan lagi-lagi masyarkat ikut-ikutan tren tersebut dengan banyaknya muncul boy band dan girl band di Indonesia. Sekarang munculnya penyanyi indie beraliran folk muncul, dan masyarakat saat ini mengikuti dan menggemari musik tersebut. Dari hal itu, analisis lah mengapa hal itu terjadi, faktor interaksi sosial apa mempengaruhi. Uraikan penjelasan kalian !
  2. Era sosial media saat ini membuat informasi semakin cepat. Orang bisa dengan mudah merespon setiap peristiwa. Ketika terjadi bencana, banyak orang di sosial media menuliskan kalimat duka cita. Namun, di sisi lain bantuan ke lokasi bencana tidak sebanyak ungkapan di sosial media. Jelaskan analisis kalian mengenai hal tersebut terkait faktor pendorong interaksi sosial !
  3. Pada pilpres tahun 2014 terjadi pertarungan calon presiden antara Jokowi dan Prabowo. Pemilihan presiden tersebut membuat masyarakat terpecah karena saling mendukung calon masing – masing. Hal ini berlanjut di tahun 2019. Sementara tahun 2024 juga terjadi hal yang kurang lebih sama. Perebutan dalam pemilihan presiden di warnai dengan adu argumen di TV maupun di sosial media. Berita hoax dan ujaran kebencian mewarnai proses pemilu saat itu. Dari hal itu, analisis bentuk interaksi apa yang terjadi dari pemilihan presiden. Dan bagaimana bentuk akomodasi yang dapat dilakukan.
  4. Indonesia menjadi negara dengan keragaman yang sangat tinggi. Potensi terjadinya maslah dan konflik sosial juga semakin tinggi. Bagaimana upaya yang bisa dilakukan agar potensi konflik akibat keberagaman tersebut dapat dikendalikan?

Tentang sosmalik
Asli orang "purba", Purbalingga maksudnya. Sekarang mengajar sosiologi di SMANIK...

Tinggalkan komentar

Sosmalik

cogito ergo sum

Jelajah Dieng

Nikmati Wisata Di Dieng

marsudiyanto.wordpress.com

Biar Gratis tapi Modis, Nggak Berbayar tapi Bersinar

Jingganya Senja

Cuma Coretan-coretan Tinta

OLIMPIADE SOSIOLOGI SMA/MA SE-INDONESIA IV TAHUN 2017

Mengembangkan Potensi Melalui Kompetisi Menuju Sosiologi Bereputasi

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.